Guru itu Motivator yang Handal



Ah, sudah lama sekali tidak update tulisan di blog. Padahal niat awal membuat blog adalah untuk mengespresikan kebiasaan menulisku. Padahal inginnya selalu membuat tulisan tentang dunia guru, sekolah, pendidikan, atau hal-hal lain setiap satu minggu sekali. Tetapi, memang rutinitas pekerjaan setiap hari dan juga waktu yang harus kucurahkan untuk keluarga tidak terelakkan. Sekarang, harus pandai dalam membagi waktu. 

Kali ini aku ingin menulis tentang guru yang ternyata merupakan seorang motivator handal. Tiba-tiba ingin menulis ini, karena profesi harianku sebagai guru, secara tidak langsung akan selalu memberikan semangat kepada para siswa. Seorang guru pasti akan mengingatkan siswa untuk selalu belajar, berpakaian yang rapi, berperilaku sopan, disiplin, jujur, menjaga kebersihan, dan berbagai hal positif lainnya. Tidak mungkin seorang guru mengajak atau menyuruh siswanya untuk berbuat tidak baik, jahat, atau kriminal. Pasti seorang guru akan selalu mengajak siswanya untuk berbuat kebaikan.

Meskipun terkadang guru itu sendiri, termasuk aku sendiri, kehilangan semangat mengajar dan mendidik, lemah, letih, atau lesu saat bekerja, pasti hal tersebut tidak akan berlangsung lama. Guru secara otomatis akan kembali bersemangat untuk bekerja dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada para siswa. Aku sendiri juga kadang bosan atau jenuh dalam mengajar. Menurutku juga lumrah, karena manusia tidak mungkin setiap waktu selalu bersemangat terus. Pasti adakalanya kurang atau kehilangan semangat.

Guru yang selalu tampil di depan kelas pasti mempunyai resep tersendiri untuk mengusir kehilangan semangat dan kurangnya gairah dalam hidup. Secara tidak langsung guru akan memberi motivasi kepada diri sendiri, bahwa pekerjaan atau profesinya berhubungan dengan banyak siswa yang harus diajar dan dididik menjadi manusia tangguh dan berkarakter. Banyak cara untuk membuat suasana kelas menjadi bersemangat. Setiap guru pasti mempunyai cara sendiri-sendiri.

Cara untuk mengusir kurangnya semangat pada diri saat mengajar salah satunya ya memberi semangat kepada siswa. Motivasi yang kita berikan kepada siswa akan berdampak secara tidak langsung juga kepada kita sebagai guru. Sekali lagi, semua guru pasti akan memberikan motivasi positif kepada seluruh siswanya. Terkadang secara langsung lewat arahan atau bimbingan saat di depan kelas, ataupun secara tidak langsung melalui contoh-contoh yang bisa dilihat oleh siswa.

Apalagi jika mendekati pelaksanaan ulangan harian, ulangan semester, atau bahkan ujian nasional, guru pastilah akan lebih intensif memberikan motivasi kepada siswanya. Ternyata tanpa disadari, aku pun memberi motivasi kepada siswa untuk belajar. Benar adanya, memang motivasi kepada siswa itu perlu dan mutlak dilakukakan oleh semua guru. Karena tanpa adanya motivasi, seorang siswa pasti tidak akan pernah sungguh-sungguh dalam belajar.

Dengan motivasi yang selalu diberikan kepada siswa saja, terkadang ada siswa yang malas belajar, apalagi jika siswa tidak mendapat suntikan motivasi dalam hidupnya. Siswa yang memiliki motivasi tinggi saat belajar di sekolah, setelah lulus juga mendapatkan pekerjaan yang menurutku layak dan bagus. Hal ini juga aku amati dari para alumni di sekolahku yang sekarang bekerja di tempat yang layak dan mendapat gaji yang besar pula. Sekolah tanpa kita sadari merupakan tempat untuk siswa membiasakan diri melakukan hal-hal baik dalam hidupnya. Meskipun bukan tempat yang utama, tetapi setidaknya sekolah akan memberikan andil yang besar dalam diri seseorang selain rumah dan lingkungan. 

Guru yang baik pastilah akan mencari cara untuk memberi motivasi kepada siswanya. Untuk memberi motivasi kepada siswa tidaklah hanya dengan ucapan-ucapan manis. Perlu adanya teladan baik yang bisa dilihat oleh siswa. Aku sendiri masih terus belajar untuk memberikan motivasi dalam bentuk ucapan, arahan, dan juga teladan kepada siswa agar selalu berusaha untuk berbuat baik dan selalu belajar. Meskipun aku sendiri terkadang juga malas untuk belajar dan kehilangan motivasi, tapi siswa harus selalu aku pompa semangatnya agar menjadi generasi yang cerdas dan berkarakter. 

Semua guru memang seorang motivator yang handal. Dimanapun berada, guru merupakan ujung tombak pendidikan. Berhasil tidaknya seorang siswa di sekolah merupakan tanggung jawab seorang guru. Meskipun ada beberapa pihak yang sering menyulitkan  dan menyudutkan profesi guru, tetapi menurutku guru tetap merupakan seorang motivator yang handal dan hebat bagi semua siswanya. Motivasi dan semangat guru-guruku waktu SD, SMP, SMA, perguruan tinggi secara tidak langsung membawaku untuk selalu ingat agar menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat bagi orang lain. Karena tidak mungkin kita bercita-cita menjadi orang yang jahat dan kriminal bukan? 

Jasa para guru-guru kita terdahulu memang sangat besar untuk membentuk kebiasaan dan karakter kita. Jika profesiku sekarang ini adalah seorang guru, sudah sepantasnyalah meneruskan guru-guru terdahulu untuk selalu memberikan motivasi positif kepada para siswa. Di tengah-tengah perkembangan pesat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak terbendung, semangat dari para guru harus selalu ada. Bukan hanya untuk sementara, tapi selama guru itu berprofesi dan berkarya. Semoga aku selalu bisa memberikan motivasi positif yang menghidupkan siswa agar menjadi pribadi yang baik, berkarakter dan sungguh-sungguh dalam belajar.      

Catatan Seorang Guru

Taufik Fadholi

Sumber Gambar : https://daerah.sindonews.com/read/1001953/151/
Latest