Beruntunglah Anda yang Mempunyai Pasangan Seorang Guru

Profesi guru sekarang ini banyak digandrungi oleh lulusan SMA/SMK. Banyak lulusan SMA/SMK yang memilih untuk kuliah di jurusan kependidikan. Terbukti dengan semakin banyaknya perguruan tinggi yang membuka jurusan kependidikan. Lulusannya pun dari tahun ke tahun semakin meningkat. Bahkan ada beberapa orang yang bukan lulusan keguruan, dengan keikhlasan hati mendedikasikan hidupnya untuk menjadi guru, bahkan sampai pensiun. Di mata masyarakat, profesi guru pun dianggap mulia. Berikut beberapa hal yang membuat anda beruntung jika memiliki suami/istri seorang guru.
1.    Pribadi yang Sabar
Tidak semua yang diajarkan guru akan diterima dengan baik oleh para siswa. Ada siswa yang tidak bisa menerima pelajaran yang diajarkan guru. Itu hal yang wajar. Seorang guru tidak mungkin akan marah setiap hari jika pelajarannya tidak bisa diterima guru. Siswa pasti ada yang menjengkelkan dan membuat guru geram dengan tingkahnya. Nah, seorang guru pastilah akan sabar dengan siswa-siswanya. Guru pasti tidak akan memaksakan kehendaknya agar semua siswa menjadi pintar. Karena tidak semua siswa itu pintar dalam semua hal. Kenakalan-kenalan beberapa siswa pasti terjadi di sekolah. Entah itu kenakalan yang wajar atau yang kurang ajar. Dalam mendidik siswa-siswa tersebut tidaklah mungkin dengan kekerasan. Kesabaran seorang guru akan selalu didahulukan dalam menangani siswanya. Kalau guru tidak sabar, maka masalah-masalah siswa akan semakin tambah parah.
Alangkah bahagianya kita, jika pasangan adalah seseorang yang penyabar. Tentu akan mendamaikan hati saat kita terbawa emosi. Tentu akan santai dan rileks dalam menjalani kehidupan.
2.    Setia kepada Pasangan
Menjadi guru merupakan profesi yang terhormat dan terpandang di mata masyarakat. Ini tidak bisa dipungkiri. Banyak guru yang di kehidupan sosialnya menjadi tokoh masyarakat. Guru juga dianggap sebagai panutan dalam masyarakat. Jadi, jika anda memiliki suami/istri seorang guru, anda harus selalu bahagia. Para guru tidak akan berkhianat kepada anda. Karena sanksi sosial akan berat jika guru aneh-aneh dalam kehidupan asmaranya. Guru pasti akan pikir-pikir dua kali jika akan melakukan perselingkuhan. Jelas, seorang guru akan setia dengan pasangan hidupnya.
Hal yang didamba-dambakan orang pasti selalu bersama pasangannya. Jika yang dimiliki orangnya setia, pastilah tidak akan banyak masalah dalam menjalani kehidupan.
3.    Penyayang anak-anak
Guru yang mengajar di PAUD, TK, SD lebih memiliki kepekaan dan lebih penyayang kepada anak-anak. Tapi tidak menutup kemungkinan guru-guru yang mengajar di SMP atau SMA juga. Tapi di SMP dan SMA seorang siswa sudah dapat dikategorikan menjadi remaja, tidak anak-anak lagi.
Segarang-garangnya tampang seorang guru, pasti memiliki jiwa yang sayang anak-anak. Karena seorang guru hampir setiap harinya bertemu dengan siswanya. Guru pasti juga telaten dalam mendidik para siswanya dengan kasih sayang.
Dengan siswa yang anak orang lain saja penyayang, apalagi dengan anak sendiri. Pasti akan membuat keluarga lebih harmonis dan membahagiakan.
4.    Seorang motivator
Setiap waktu, seorang guru pasti selalu mengajak dan menganjurkan siswanya untuk belajar. Cara yang dilakukan guru pasti berbeda-beda. Tidak mungkin seorang guru dalam mengajar langsung absen siswa, ceramah tentang materi lalu saat jam selesai keluar ruang kelas. Pasti akan terselip ajakan kepada para siswanya untuk selalu belajar. Guru pasti memiliki bakat untuk menjadi motivator. Semangat yang diberikan guru kepada muridnya pasti positif. Guru akan selalu memberi semangat positif, baik, dan membangun kepada siswanya.
Nah, ini yang baik bagi anda. Jika anda sedang lesu dan pesimis tentang kehidupan, pasangan anda yang seorang guru pasti akan selalu mencari cara untuk membuat anda termotivasi dalam hidup. 

Foto : Dokumen Pribadi

5.    Selalu Bangun pagi
Jam masuk sekolah adalah jam 7 pagi. Seorang guru pasti akan bangun kurang dari jam itu. Apalagi jika jarak sekolah tempat mengajar dan rumahnya agak jauh. Sebelum atau saat waktu subuh tiba, seorang guru haruslah sudah bangun. Hal ini baik bagi kesehatan tubuh. Guru juga tidak tergesa-gesa dalam berangkat kerja dan menjadikan hidup lebih berkualitas. Ungkapan masyarakat jawa “ojo sampai rejekimu ditotol ayam” (Jangan Sampai Rejekimu Dipatok Ayam) secara tidak langsung akan dipegang teguh oleh guru.
Hal ini sangat baik, karena arti dari ungkapan Jawa tersebut adalah agar seseorang tidak menjadi pemalas. Guru pastilah disiplin dalam bangun pagi, hal ini akan menjadikan kualitas dan kesehatan hidup baik.
6.    Pandai Bercerita
Guru pasti pandai bercerita. Dalam mengajarkan materi di dalam kelas, seorang guru tidak mungkin full 100 % memberikan materi kepada siswanya. Adakalanya pasti akan disisipkan dengan waktu break, guyon, dan juga bercerita. Hal ini baik bagi kualitas pembelajaran. Kalau dalam 4 jam pelajaran langsung guru hanya memberikan materi terus, siswa akan bosan. Cerita dari guru yang menarik dan dibumbui hal-hal positif pasti akan selalu dinanti oleh siswanya. Apalagi jika cerita-cerita guru ditambahi candaan. Oh, alangkah mengasyikkannya pembelajaran di sekolah.
Menjadi pasangan seorang guru tidak boleh sering cemberut. Karena pasanganmu punya banyak cerita. Entah itu cerita dari sekolah atau cerita dari tempat lain. Pastilah akan selalu semangat jika seorang guru menceritakan apa yang dialaminya saat di rumah. Sekali lagi, sependiam-pendiamnya seorang guru,pasti di dalam pikirannya punya banyak cerita. Kalau pasangan anda guru yang pendiam, berilah pertanyaan-pertanyaan atau umpan agar dia mau bercerita. Pasti akan keluar cerita-cerita kepada anda. Kalau pasangan anda guru yang sudah cerewet dari lahir, tidak perlu diberi umpan, cukup jadilah pendengar setia. Setiap hari pasti dia akan selalu bercerita tentang keadaan sekolahnya atau orang-orang yang ditemuinya. Memiliki pasangan guru pasti akan menyenangkan, jika saat anda bercengkerama di teras rumah, pasangan anda ngomong kesana kemari. Hidup pasti akan lebih ramai.
7.    Banyak Kenalan dan Rekan
Tidak semua orang memiliki jiwa yang mudah bergaul dan terbuka terhadap orang lain. Jangan khawatir, seorang guru memiliki banyak kenalan dan rekan secara otomatis. Kenapa, otomatis? Setiap tahun, siswa yang diajar pasti berganti, dan setiap tahun juga sekolah akan meluluskan siswa-siswanya. Nah, seorang siswa yang baik pasti akan selalu ingat dengan gurunya. Entah di jalan, pasar, mall, toko, atau tempat lainnya terkadang seorang guru akan bertemu dengan siswanya. Akan menjadi kebanggaan tersendiri, jika seorang siswa atau mantan siswa menyapa.
Hal ini pasti terjadi pada semua guru dimanapun berada. Jika mantan siswa memiliki pekerjaan atau profesi yang menjanjikan, pasti akan lebih mudah seorang guru dalam meminta bantuan atau pertolongan saat membutuhkan.
8.    Pembelajar Sejati
Tanpa disadari, seorang guru adalah pembelajar sejati. Seorang guru pasti harus mengikuti perkembangan zaman yang ada. Guru pasti mengikuti perubahan kurikulum yang dilaksanakan oleh pemerintah. Meskipun terkadang berat, guru secara tidak sengaja akan selalu belajar untuk menambah wawasan dan pengetahuannya. Contoh gampangnya, dulu guru mungkin tidak tahu apa itu email, tapi sekarang guru setidaknya harus membuat dan memiliki alamat email sendiri. Guru juga harus belajar terus, entah itu kompetensi yang menyangkut profesionalnya ataupun belajar hal-hal lainnya. Semalas-malasnya seorang guru, sebenarnya mereka adalah pembelajar sejati. Selalu belajar apapun ditengah-tengah perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesatnya.
Hal ini jelas menyenangkan sekali jika pasangan anda seorang guru. Pasti anda akan terbantu dengan beberapa hal yang mungkin diketahui terlebih dahulu oleh pasangan. Anda juga bisa bertanya hal-hal yang mungkin dirasa sulit, tapi bisa dijawab oleh pasangan anda yang seorang guru. Alangkah bahagianya jika hidup selalu belajar dan bertambah pengetahuan.

Beberapa hal di atas merupakan hasil pengalaman saya menjadi seorang guru, obrolan dengan teman-teman seprofesi dan pengamatan kecil-kecilan dari lingkungan sekitar. Ternyata banyak hal-hal menarik dan positif dari seorang guru. Tentunya masih banyak hal-hal yang lain dari profesi guru. Juga banyak hal-hal yang mungkin lebih menarik, dan membahagiakan dari profesi lain yang bukan guru. Orang pastilah akan mencari sesuatu yang membahagiakan hidupnya. Pastinya semua orang akan beruntung mendapatkan pasangan dengan profesi apapun. Apapun profesinya pasti memiliki hal-hal unik dan menarik dalam kesehariannya. Mari kita ciptakan hal-hal yang membuat hidup kita menjadi semakin menarik dan positif.


Catatan seorang Guru
12 Maret 2017
Taufik Fadholi